Lainya

pengertian bersyukur

Posted by Joko Dwi Senin, 15 April 2013 0 komentar
syukur adalah memuji si pemberi nikmat atas kebaikan yang telah dilakukan-NYA.
Tiga hal yang di sebut syukur
1. Membicarakannnya secara lahir
2. mengakui nikmat dalam batin
3. Menjadikannya sebagai sarana untuk taat kepada Allah Jadi syukur berkaitan dengan hati, lisan, dan anggota badan. Hati untuk Mahabbah / merasakan, lisan untuk memuji, anggota badan untuk menggunakan nikmat yang diterima.
Macam – macam syukur :
1) engkau melihat keburukan engkau menutupinya.
2) Syukurnya telinga Jika engkau mendengar sesuatu yang buruk, cegahlah!
3) Syukurnya tangan Jangan mengambil sesuatu yang bukan milikmu dan janganlah engkau menolak hak Allah yang ada pada kedua tanganmu.
4) Syukurnya perut Hendaklah bawahnya berisi makanan, sedangkan atasnya berisi ilmu.
5) Syukurnya kemaluan Almukminun 1-7
1. Sesungguhnya beruntunglah orang- orang yang beriman,
2. orang-orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya,
3. dan orang-orang yang menjauhkan diri dari yang tiada berguna,
4. dan orang-orang yang menunaikan zakat,
5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,
6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki ; maka sesungguhnya       mereka dalam hal ini tiada tercela.
7. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. 6) Syukurnya kaki: Jika engkau mengetahui seorang yang sholeh yang mati dan engaku bercita – cita dan
berharap seperti dia, dimana dia melangkahkan kakinya untuk taat dan beramal saleh semata,maka contohlah dia.Dan apabila engkau melihat seorang mati yang membencinya maka bencilah amalnya. Maka engkau menjadi orang yang bersyukur.
Keutamaan Syukur
Q.S Albaqarah : 152
“ karena itu ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku”.
( QS.Albaqarah : 152)
Manusia diperintahkan bersyukur pada Allah SWT, bukanlah untuk kepentingan Allah itu sendiri, karena Allah ghaniyyun ‘anil ‘alamin ( tidak memerlukan apa – apa dari alam semesta ) tapi justru untuk kepentingan manusia.
Firman Allah
“Dan barang siapa yang bersyukur kepada Allah, maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah maha kaya lagi maha terpuji”. (QS.Luqman : 12 )
“Dan ingatlah, tatkala Tuhanmu memaklumkan: sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat ) kepadamu, dan jika kamu mengingkari ( nikmat- Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS: Ibrahim : 7)
Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi pembaca.


Kata Kunci:
Syukur,Macam-macam syukur, yang disebut syukur,keutamaan syukur , bersyukur, bersyukurkepada Allah SWT, bersyukur kepada Allah, apa itu bersyukur, pengertianbersyukur
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: pengertian bersyukur
Ditulis oleh Joko Dwi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dwiz12.blogspot.com/2013/04/pengertian-bersyukur.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Dwiz.