Lainya

Imam Syafi'i

Posted by Joko Dwi Kamis, 25 April 2013 0 komentar

Imam Syafi'i Lahir di Ghazza, Palestina pada tahun 150 H. Ketika Beliau masih anak-anak, ayahnya meninggal dunia. Ia diasuh oleh ibunya.

Umur 7 tahun telah hafal Al-Qur'an, Umur 10 tahun hafal kitab hadits 'Al- Muwaththa' karangan Imam Malik, dan Umur 15 tahun telah diizinkan memberi fatwa.

Di antara gurunya di Mekkah, Soufyan bin Khalid Az-Zanji. Umur 20 tahun pindah ke Madinah, memperdalam ilmunya dengan belajar kepada Imam Malik.

Kemudian berangkat ke Irak, menemui sahabat-sahabat Abu Hanifah dan mengambil ilmu dari mereka. mangadakan perjalanan ke Parsi, Irak bagian Utara dan berbagai Negara, sesudah 2 tahun mengembara, menetap di Madinah selama 2 tahun, yakni tahun 172-174 H.

Dari perjalanan ini, ilmu pengetahuan dan pengalamannya bertambah, terutama mengenai masalah kehidupan dan tabiat Manusia.

Imam Syafi'i adalah seorang Imam Mujtahid yang banyak diikuti alim- ulama, Wali yang saleh, dia adalah seseorang dari suku Quraisy yang amat dalam ilmu pengetahuannya, terutama mengenai Hadits.

Beliau pernah menuntut ilmu dari Imam Malik dan sang Imam sangat mencintai Imam Syafi'i. Beliau juga pernah menuntut ilmu dari Imam Abu Hanifah dan Sang Imam pun banyak memuji kepandaian dan kefasihan Imam Syafi'i.

Tapi sayang saat ini ada saja yang mengaku bermadzhab Imam Syafi'i tetapi menghina pemahaman atau madzhab Imam Maliki dan Imam Hanafi.

Sekian posting dari saya, semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Imam Syafi'i
Ditulis oleh Joko Dwi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dwiz12.blogspot.com/2013/04/imam-syafii.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Dwiz.